Di dalam Undang-Undang sebagaimana diuraikan di dalam Pasal 4, hak-hak konsumen yaitu :

1.        Hak atas kenyamanan , keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang  dan/atau jasa ;

2.        Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa  tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi yang telah dijanjikan ;

3.        Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa ;

4.        Hak untuk di dengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan ;

5.        Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa  perlindungan konsumen secara patut ;

6.        Hak untuk mendapat pembinaan dan pembinaan konsumen ;

7.        Hak untuk diperlakukan atau di layani secara benar dan jujur serta tidak  diskriminatif ;

8.        Hak untuk mendapat konpensasi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau  jasa yang di terima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya ;

9.        Hak – hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.

 

Sedangkan dalam Undang-Undang Pasal 5, kewajiban konsumen yaitu :

1.        Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau  pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan ;

2.        Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa ;

3.        Membayar sesuai nilai tukar yang disepakati ;

4.        Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara  patut.

 

Sumber :

http://novelbench.blogspot.com